Tips Membuat Akun Facebook Tetap Aman

Beberapa waktu lalu saya pernah membahas, kenapa kata sandi facebook bisa dicuri?, lalu cara mereset password facebook dan jika kode reset password facebook tidak dikirim ke email. Selain itu masih ada beberapa posting yang membahas tentang security facebook, posting tersebut lahir atas permintaan teman fans Belajar Facebook. Tanpa kita sadari sebenarnya banyak sekali yang mengincar akun facebook kita, orang itu bisa siapa saja, bahkan teman kita sendiri.
Nah, untuk mengantisipasi pencurian terhadap akun facebook kita, ada beberapa tips membuat akun facebook tetap aman.

  1. Buat password yang baik dan digunakan hanya untuk Facebook. Password yang baik itu merupakan gabungan dari HURUF BESAR + huruf kecil + 1234 + @!~#. Contoh : $aY@C!nT4d|4
  2. Jangan berbagi password Anda meskipun ia pacar, adik, atau siapapun, karena suatu saat bisa saja tergoda untuk menjahili kita.
  3. Ubah password Anda secara teratur. Ganti password facebook 1x dalam 2 minggu atau sebulan 1x.
  4. Berbagi informasi pribadi Anda hanya dengan orang-orang dan perusahaan yang membutuhkannya.
  5. Masuk ke Facebook hanya SEKALI setiap sesi. Jika terlihat seperti Facebook meminta Anda untuk log in untuk kedua kalinya, hiraukan saja link tersebut dan langsung ketik www.facebook.com ke address bar browser Anda.
  6. Log out dari Facebook setelah menggunakan komputer.
  7. Hanya mendownload Aplikasi dari situs yang Anda percaya.
  8. Pastikan anti-virus Anda selalu up to date.
  9. Browser Anda up to date.
  10. Gunakan browser add-ons seperti Web of Trust dan NoScript Firefox untuk menjaga account Anda dari hacker.
  11. Waspadalah terhadap posting yang “konyol/lucu/gokil” dari siapa pun-bahkan Teman. Perhatikan dulu baik-baik apakah ada hal yang mencurigakan, jangan klik jika mencurigakan.
  12. Waspadalah link menarik yang berasal dari Teman Anda, karena Scammers mungkin telah hack account Facebook Teman Anda dan mengirim link dari akun facebook mereka.
  13. Hati-hati saat menggunakan komputer teman, pada saat mengisi password usahakan menuliskan karakter password lebih banyak dari password sebenarnya. Jika password Anda = SayaC!n7@ maka pada saat mengetik password tambahkan menjadi SayangC!n7@dia – nah, gunakan tombol Delete dan BackSpace untuk menghapus karakter yang lebih tersebut. Tapi jangan menggunakan tombol tanda panah untuk menggeser kursor, gunakan mouse untuk mengarahkan dan memblok karakter yang mau dihapus, hal ini untuk menghindari jika ternyata komputer tersebut sudah terinstall keylogger.

Posted by Rian Priyadi On Desember 16, 2011 0 Comments
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar

NOT SPAMING IN HERE !!
and ANONIM user Comment