Pencahayaan dalam kamar tidur

Kamar tidur adalah sebuah ruang yang sangat penting dan sangat pribadi bagi seseorang sebab di kamar tidurlah kita bebas melakukan apapun. Untuk itu sebagai ruang yang fungsi utamanya adalah tempat beristirahat, maka kenyamanan sangat penting untuk kita utamakan.

Coba bayangkan, setelah seharian penuh melaksanakan aktifitas yang menguras fikiran dan tenaga, setelah mandi dan memakai baju tidur, kita bentangkan tangan dan rebahkan tubuh diatas kasur empuk di dalam kamar tidur kita yang sejuk, disertai penataan cahaya kamar yang sesuai, aduhai nikmatnya hidup, rasanya beban hidup seketika lenyap tak berbekas.

Sebagai ruangan yang berfungsi untuk melepas lelah maka kebersihan, keindahan serta tata cahaya harus kita perhatikan, sebab ketiga hal tersebut sangat membantu kita untuk mendapatkan tidur yang sangat berkualitas. Sayangnya tak jarang kita mengabaikan tata cahaya dalam kamar tidur kita sehingga kita tidak mendapatkan kualitas tidur yang memadai, akibatnya apa ? kesehatan terganggu, daya kreatifitas menurun dan lain sebagainya.

Nah... saya ada sedikit tips untuk pencahayaan dalam kamar tidur, sebagai berikut :


Pencahayaan dalam kamar tidur kita atur dalam tiga cara, yaitu pencahayaan umum, lampu baca dan lampu tidur. Pencahayaan umum biasanya berasal dari lampu downlight yang kita pasang di Plafon. Bagi yang hobby baca sebelum tidur, kesalahan yang sering di lakukan adalah membaca dengan memasang lampu tegas dan sangat terang dalam kamar tidur, hal ini mengakibatkan kita sulit mengantuk. Sebaiknya kurangi cahaya lampu umum dan nyalakanlah lampu baca. Adapun lampu untuk tidur pada umumnya redup dan temaram.

Untuk sakelar, sebaiknya memakai sakelar SPDT (single pole double trow) sebab dengan sakelar ini, kita lebih mudah mematikan lampu dari dua tempat, dari dekat pintu atau dekat headboard, sehingga sangat memudahkan kita apabila ingin menyalakan lampu ketika masuk kamar dan mematikan lampu saat menjelang tidur tanpa harus beranjak.

Pengaturan tata cahaya yang baik akan menghasilkan kualitas tidur yang baik pula, sehingga keesokan harinya kita bangun dengan segar dan siap menyambut mentari pagi dengan semangat.

Posted by EScO_TE On Juni 06, 2011 1 Comments
Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ Comments + 1 Comments

Selasa, 14 Juni 2011 09.33.00 WIB

trims tipsnya. sangat bermanfaat

Terimakasih Lampu Hemat Energi atas Komentarnya

Posting Komentar

NOT SPAMING IN HERE !!
and ANONIM user Comment